Press "Enter" to skip to content

Ini Dia Cara Alami Sembuhkan Sakit Perut

LUTIMNEWS.COM – Sakit perut merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh banyak orang, terutama pada saat idul Fitri dan Idul Adha dimana banyak sekali makanan berlemak dan pedas yang dikonsumsi. Biasanya gejala sakit perut ini ditandai dengan adanya rasa nyeri baik ringan maupun berat yang terjadi pada bagian pertu.

Penyebab sakit perut ini bisa berasal daru suatu makanan ataupun faktor lain seperti mikroorganisme, batu empedu, pankreatitis, zat cari, obstruksi usus, acid reflux, invasi parasite, candida, penyumbatan pembuluh darah  atau pun kanker.

Berbagai macam mikroorganisme yang terdapat pada suatu makanan akan mulai bereaksi dengan cairan tubuh di dalam lambung dan akhirnya tubuh akan berusaha untuk melawan suatu reaksi tersebut agar tidak terjadinya infeksi.

Hal seperti ini akan menimbulkan rasa mual dan muntah pada orang yang mengalami sakit perut dan biasanya makanan yang mengandung bakteri atau mengandung banyak kuman itulah yang menyebaban kita sakit perut dan biasanya itu disertai dengan melilit.

Kebanyakan orang yang menggunakan obat-obatan kimiawi untuk menghilankan rasa sakit perut tersebut dan bahkan tidak jarang seseorang langsung memeriksanya ke dokter jika ia terserang sakit perut.

Banyak juga orang yang tidak langsung pergi ke dokter untuk diperiksa dan tidak juga menggunakan obat kimiawi dalam mengatasi sakit perutnya itu, mereka yang seperti itu biasanya mencoba untuk memanfaatkan bahan-bahan alami terlebih dahulu untuk mengurangi asupan bahan kimia oleh tubuh.

Beraneka ragam bahan alami dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit perut, misalnya daun waru, umbi garut, daun sambung nyawa, bawang merah, jeruk sitrun, daun mengkudu, daun kemunting, akar mempedal ayam, kulit batang girambong, daun sembung atau daun cabe rawit, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk menyembuhkan sakit perut secara alami:

Sakit perut karena masuk angin

Untuk sakit perut yang disebabkan karena kembung ada dua cara untuk menyembuhkannya:

Cara pertama yaitu cara pengobatan dari luar. Untuk pengobatan dari luar ini bisa dilakukan dengan cara pengurutan pada bagian perut dengan menggunakan jahe. Caranya anda hanya perlu jahe yang sudah diparut, lalu parutan jahe tersebut digosokan pada perut hingga rata sambil anda mengurut dengan tangan anda, nanti angina yang ada di dalam perut akan keluar atau kentut.

Cara yang kedua yaitu cara pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dari dalam ini bisa anda lakukan dengan minum kopi panas yang dicampur dengan jahe. Caranya, anda hanya tinggal membakar sebuah jahe terus di pukul sampai pecah lalu seduh kopi, gula pasir serta jahe yang sudah anda bakar dan sudah di pecat tadi dengan menggunakan air mendidih, lalu minum.

Dengan jalan pengobatan dari luar maupun dari dalam perut ini akan membantu keluarnya angina yang ada dalam perut serta membantu untuk mengurangi rasa sakit perut akibat kembung atau masuk angin.

Sakit perut mules serta melilit

Sakit perut mules pada perut dan terasa sangat melilit itu disebabkan oleh banyaknya makanan pedas, baik itu pedasnya cabai ataupun merica.

Untuk sakit perut mules serta melilit ini anda bisa menyembuhkannya dengan menggunakan ramuan yaitu kunyit sebesar ibu jari, asam 1 tangkai dan gula secukupnya. Cara membuatnya, kulit kunyit dikupas lalu iris tipis lalu dimasukan kedalam gelas. Asam dan gula juga bisa dimasukan sekaligus lalu diseduh dengan air mendidih, jika sudah tesarasa hangat langusng diminum.

Ada juga untuk pengobatan luarnya yaitu dengan menggunakan abu dapur yang panas lalu dibungkus dengan daun pisang, kemudian bungkus lagi dengan kain, kemudian bungkusan tersebut digosokan pada perut yang terasa mules serta melilit.

[**]