Press "Enter" to skip to content

Tips Agar Motor Tetap Awet

LUTIMNEWS.COM – Sepeda motor telah menjadi salah satu kebutuhan wajib kita dalam melakukan aktivitas. Tentu saja diperlukan beberapa perlakuan khusus agar kendaraan roda dua selalu tampil prima.

Oke agar tidak  penasaran, langsung saja ini dia tips  motor kita tetap awet:

1. Pasang Skotlight di seluruh tubuh motor

Banyak yang bilanng bahwa pasang skotlet di seluruh body motor adalah berlebihan, nyatanya memasangkan skotlet di seluruh body motor dapat memperlama look motor agar tetap menawan. Skotlet akan meminimalisir geratan pada motor kalian ketika terserempet, terores ataupun jatuh. Selain itu skotlet dapat menjaga warna asli motor tersebut agar tidak cepat pudar.

Nah jika skotlet sudah mulai jelek dan memudar warnanya, kalian boleh ganti dengan skotlet yang baru, saya sarankan untuk menggunakan skotlet bening, agar warna dan corak asli bawaan motor tetap kentara dan mengurangi kesan alay pada motor.

Memang sih butuh biaya yang cukup mahal, tapi demi motor tetap awet mau gimana lagi.

2. Sering-sering menggunakan Starter kaki (Kick Starter)

Ini nih yang paling sering diremehkan bagi pengguna motor, mereka lebih sering menggunaka handstarter daripada kickstarter. Padahal starter tangan yang berlebihan dan sering akan memperpendek umur Accu. Ini adalah trik yang diwariskan dari ayah saya untuk saya yang paling ampuh, terbukti dengan lebih sering menggunakan kickstarter, motor saya bisa bertahan selama 6 tahun tanpa ganti Accu.

Kebanyakan pengguna motor malas untuk menggunakan Starter kaki, dengan alas an agar lebih cepat dan mudah. Gini aja deh untuk membiasakan menggunakan kickstarter agar lebih mudah ketika kita parking langsung saja di standar tengah, agar nanti ketika menghidupkan motor kembali kita jadi terbiasa menggunakan kickstarter untuk Accu yang tahan lama.

3. Jangan lupa tiap pagi panaskan motor

Meskipun kalian terburu-buru ke kampus, ke sekolah, ataupun ke kantor, jangan pernah lupa untuk memanaskan mesin motor terlebih dahulu, karena ini cukup penting untuk keawetan motor khususnya pada mesin.

Bayangkan ketika kita tidur kemudian dikagetin dan dipaksa untuk lari-lari, pasti linglung bukan? Begitu juga dengan motor, kalua kita tidak memanaskan mesin motor dahulu setelah dia tidur semalaman, maka yang terjadi motor kita akan sering macet, atau terhenti tiba-tiba di jalan, terlebih pada motor matic yang sering mengalami hal seperti ini.

Seterburu-buru apapun kalian, sempatkanlah untuk memanaskan mesin motor, walau hanya satu menit. Dan berlebihan atau terlalu lama memanaskan motor juga nggak baik, karena bensin cepat habis apalagi kalua tanggal tua .

4. Jangan parkir di tempat yang langsung dibawah matahari

Kalau ini sih juga sering dilakukan untuk pengguna motor, yap benar sekali parkirlah di tempat yang dingin. Bukan hanya karena pantat kita akan kepanasan ketika motor diparkir di tempat yang panas, tetapi juga ketika kita memarkir motor di tempat panas, warna motor kita akan cepat pudar, So parkirlah dengan bijak kasihanilah motormu.

5. Ganti Oli Secara Teratur

Jangan sampai lupa ganti oli, catat dengan benar kapan kalian terakhir kali ganti oli dan pada kilometer keberapa kalian harus ganti oli lagi, jangan sampai telat ini demi motor kalian lho!

6. Terus pantau bensin, air radiator, jangan sampai kedua cairan tersebut habis sama sekali

Jangan pernah sekali-kali meremehkan bensin yang akan habis, karena itu juga akan berakibat fatal bagi motor kalian. Jangan juga sering-sering mengisi bensin di penjual bensin eceran bukan karean berprasangka buruk karena sering kali ditemui takaran tidak pas, ada campuran air, atau campuran lainnya yang dapat membahayakan mesin motor kalian.

Kemudian jangan pernah lupa untuk mengecek air radiator jangan sampai kering.

7. Service dan cuci motor secara berkala

Dan langkah terakhir kiat-kiat agar motor tetap awet adalah jangan males untuk service motor, kasian tuh motor, motor juga perlu diperikasa seperti kita juga harus memeriksa kesehatan kita secara berkala. Motor juga perlu ke salon bos, ajak dia ke salon, service dia agar tetap sehat. Kalau bisa sih setiap kita hendak ganti oli, sekalian juga kita service motor.

Jangah lupa, jaga kebersihan motor kalian, cuci dan vbersihkan secara teratur, karena debu juga bisa membahayakan mesin. Bayangkan rasanya jika kalian nggak pernah mandi, nggak nyaman kan? Sama motor juga begitu.

(****)