Penyebab dan Cara Mengatasi Diare


Penyebab dan Cara Mengatasi Diare
Penyebab dan Cara Mengatasi Diare

LUTIMNEWS.COM – Musim hujan adalah masa dimana bakteri bisa berkembang biak dengan cepat. Hal ini dikarenakan keadaan saat musim hujan menjadi lembab dan kotor. Jika Anda mengabaikan kebersihan, maka dengan mudah Anda akan terserang penyakit, seperti diare.

Nah, berikut ini kita akan membahas soal diare seperti yang dilansir dari beberapa sumber kesehatan.

1. Penyebab diare, khususnya di musim hujan

Diare disebabkan oleh adanya bakteri yang menempel pada makanan dan minuman Anda. Selain itu, bakteri ini juga bisa berada pada tangan Anda. Maka dari itu, Anda perlu mencuci tangan sebelum mengkonsumsi sesuatu dan menjauhkan makanan dari lalat.

READ:  Kelainan Fungsi Organ yang Disebabkan Kekurangan Gizi

2. Hal yang harus dilakukan saat mengalami diare

 

Saat mengalami diare Anda akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minumlah minimal segelas air putih atau oralit setiap kali Anda BAB. Karena diare adalah cara tubuh mengeluarkan zat-zat beracun dari tubuh. Namun, jika disertai dengan demam segera konsultasikan ke dokter.

 

3. Cara mencegah diare

Perhatikan semua makanan yang ingin Anda konsumsi. Karena makanan yang tidak bersih adalah penyebab utama Anda mengalami diare. Selain itu, hindari dulu mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam karena bisa membuat saluran pencernaan Anda menjadi lebih parah.