Tips Memanjakan Sepatu Sneaker Converse Kesayangan Anda


Tips Memanjakan Sepatu Sneaker Converse Kesayangan AndaLUTIMNEWS.COM – Banyaknya merek sepatu yang terkenal sekarang ini membuat siapa saja akan tergiur dengan tampilan dan motifnya yang keren-keren salah satunya adalah sepatu sneaker. Jika Anda salah satu orang yang suka dan mengeloksi sepatu sneaker apalagi yang bermerk Converse.

Agar tetap awet, Anda harus tahu bagaimana cara merawat dan memanjakannya. Sepatu sneakers memang cukup diminati bukan hanya oleh kalangan anak muda, tapi juga dewasa, karena desain yang casual, simple, dengan beragam motif dan warna unik yang bervariasi. Untuk merawat sepatu sneakers Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, dan tidaklah sulit.

 

1. Simpan sneaker dalam box aslinya
Ketika kamu membeli sepatu jangan buang box orisinilnya, karena box tersebut memang diproduksi sesuai dengan konstruksi dan spesifikasi model sepatu yg ada didalamnya. Kotak ini biasanya didesain untuk menjaga sneakers dari kelembaban dan debu.

BACA JUGA:  Bergaya dengan Fashion Motif Tribal Paling Keren

2. Gunakan silica gel dan zip lock
Silica Gel dan pengunci risleting (zkip lock) dapat menjaga sneakers dari jamur dan kelembaban udara pada saat sneakers tidak digunakan dalam waktu lama. Bungkus sneakers dalam plastik Zip lock dan masukkan silica gel didalamnya ketika tidak sedang digunakan, dan tarus di tempat yang suhunya stabil, sepertirak khusus sepatu.

 

3. Mencuci sneakers dengan hati-hati
Hati-hati dalam membersihkannya, karena kesalahan cara saatmencucisneakers justru akan membuat materialnya cepat aus dan rusak. Berikut ini beberapa tips dalammencuci sneaker kesayangan Anda.

BACA JUGA:  Tips Berpakaian Agar Pinggang Terlihat Langsing

– Pertama, jika sol dalam kotor apalagi sampai menguning, gunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Cukup disikat bagian yang kotor tersebut menggunakan sikat gigi bekas yang masih layak. Jika ada lumpur yang menempel lebih baik biarkan mengering dulu, setelah itu bersihkan dengan sikat dan air biasa aja. Dan yang paling penting, jangan pernah mencuci sneakers memakai mesin cuci, karena itu akan merusak material kanvas dan sol.

 

– Kedua, setelah melakukan cara diatas, rendam bagian sol sepatu dengan deterjen cair selama sekitar 10-15 menit, kemudian sikat hingga bersih (ingat bagian badan/kanvas sepatu jangan sampai direndam juga).

– Setelah bagian sol bersih, rendam sneaker seluruhnya, pisahkan tali sepatu dan insolnya (jika insole bisa dilepas), jangan sikat bagian badan sneaker karena lama kelamaan akan merusak materialnya kanvas/suede-nya. Cukup gosok lembut menggunakan jari-jari saja. Selanjutnya keringkan.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki Sepatu Converse

4. Selalu simpan sepatu dalam keadaan kering dan bersih
Jika ingin menyimpan sneakers untuk jangka waktu yang cukup lama, pastikan sneaker dalam keadaan bersih dan kering. Jangan mengeringkannya dengan panas yang langsung dan terik, gunakan dryer atau di angin-anginkan saja. Masukkan gumpalan kertas ke dalam sneakers untuk untuk menyerap sisa airnya dan itu akan membuatnya cepat kering. Selalu bersihkan sneakers sebelum menyimpannya, karena jika ada kotoran yang menempel dalam waktu yang cukup lama maka akan sulit dihilangkan.