Press "Enter" to skip to content

Suka Lupa Parkir Mobil Dimana? Pakai Google Assistant

LUTIMNEWS.COM – Pada ajang tahunan Google yakni “Google I/O” pada 08-10 Mei lalu banyak diperkenalkan inovasi teknologi terbaru yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, saking banyaknya, ada beberapa hal yang luput dari sorotan.

Salah satu yang kurang mendapat perhatian adalah fitur baru “Google Assistant”, yang memungkinkan pengguna menandai (pin) lokasi parkir di peta digital “Google Maps”.

Fitur ini terbilang simpel, tetapi solutif untuk masalah sehari-hari. Pasalnya, tak jarang seseorang lupa memarkir kendaraan di mana, sehingga harus keliling area parkir berkali-kali.

Cara Menggunakan Google Assistant

Nah, untuk pin lokasi parkir di Google Assistant, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama-tama pastikan aplikasinya telah diperbarui ke versi teranyar. Lalu, pastikan sistem operasi Anda berjalan pada Android Marshmallow ke atas atau iOS 10 ke atas. Anda juga harus mengaktifkan layanan lokasi dan mengkonfigurasikan perintah suara.

Selanjutnya, panggil Google Assistant dengan perintah suara “Ok Google” ketika telah memarkir mobil. Ucapkan “Remember where I parkerd” (ingat di mana saya parkir).

Google Assistant bisa mengingatkan parkir di mana. Google Assistant akan merekam koordinat GPS lokasi tersebut di Google Maps dengan menyematkan pin parkir khusus, sebagaimana dihimpun LutimNews.com dari GadgetsNow.

Setelah melakukan kegiatan dan ingin mencari tempat parkir, ada dua metode yang bisa dilakukan, sebagai berikut. Metode pertama, buka Google Assistant dengan perintah suara “Ok Google”. Selanjutnya tanya “Where’s my car”. Google akan otomatis membuka lokasi yang sebelumnya telah disimpan di Google Maps. Tekan koordinatnya dan ikuti navigasinya.

Metode kedua, buka Google Maps dan tekan kartu virtual “Saved Parking”. Lalu tekan “Direction” dan “Start” untuk memulai navigasi.(****)