Press "Enter" to skip to content

Ini Dia Biaya Masuk 5 PTN Favorit di Indonesia

LUTIMNEWS.COM – Hasil seleksi SBMPTN baru saja diumumkan oleh Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di laman resminya pada Selasa (3/7).

Sebanyak 165.831 peserta dinyatakan diterima di 85 perguruan tinggi negeri (PTN) dengan menyisihkan hampir 700 ribu peserta SBMPTN. Para peserta yang dinyatakan lulus itu diharuskan untuk mengikuti serangkaian proses sebelum resmi menyandang status mahasiswa baru, termasuk membayar uang perkuliahan bagi pesert reguler atau bukan bidikmisi.

Masing-masing PTN itu menetapkan biaya yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kebutuhan program studi. Berikut beberapa rincian biaya di PTN favorit di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)

UI merupakan PTN terfavorit yang dipilih paling banyak oleh peserta SBMPTN. Tercatat sebanyak 52.591 peserta SBMPTN memilih UI dalam pilihan PTN.

UI menerapkan biaya masuk berupa uang kuliah tunggal (UKT). Berdasarkan Keputusan Rektor UI No 007 Tahun 2018 Tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Reguler, biaya UKT di UI maksimal Rp15 juta untuk rumpun sains teknologi dan kesehatan dan Rp12,5 juta untuk rumpun sosial humaniora.

Biaya UKT itu menggunakan sistem pembayaran yang dapat dipilih yakni BOP-Berkeadilan dan BOP-Pilihan. Sistem berkeadilan ini disesuaikan dengan kesanggupan orang tua yang disertai dengan bukti-bukti.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM merupakan PTN favorit kedua yang diminati oleh 46.095 peserta. UGM menerapkan biaya UKT dengan membagi hingga enam tingkatan berdasarkan penghasilan orang tua. UKT 0 khusus untuk peserta bidikmisi dan UKT 6 untuk orang tua dengan penghasilan besar dari Rp10 juta.

Biaya kuliah itu mulai dari Rp500 ribu hingga maksimal Rp22,5 juta. Biaya paling tinggi itu diperuntukkan untuk pendidikan dokter.

3. Universitas Padjajaran (Unpad)

Unpad diminati oleh sebanyak 44.138 peserta SBMPTN.

Unpad juga membagi biaya UKT menjadi lima kelompok yang dapat dipilih sesuai kemampuan orang tua. Uang kuliah itu berkisar mulai dari Rp500 ribu hingga maksimal Rp13 juta untuk UKT kelompok tertinggi. Biaya termahal menjadi milik program studi pendidikan dokter.

4. Universitas Brawijaya (Unbraw)

Universitas Brawijaya juga menerapkan biaya UKT dalam enam golongan. Biaya itu dimulai dari Rp500 ribu untuk golongan pertama dan maksimal Rp23,4 juta untuk golongan enam program studi Pendidikan Dokter.

Universitas di Malang, Jawa Tengah ini diminati oleh 36.468 peserta.

5. Universitas Hasanuddin

Biaya kuliah di Universitas Hasanuddin dibagi dalam lima kelompok UKT. Kelompok UKT I dimulai dari Rp500 ribu dan kelompok UKT tertinggi Rp20 juta untuk program studi Fakultas Kedokteran.

PTN di Makassar ini merupakan universitas favorit kelima dengan jumlah peminat sebanyak 35.253.

(****)