Press "Enter" to skip to content

Bantuan Sosial Untuk KUBE di Luwu Timur Cair

LUTIMNEWS.COM – Pencairan Bantuan sosial kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi keluarga miskin di Kabupaten Luwu Timur, telah memasuki pencairan tahap II sebesar 20%.

Pencairan tahap II ini kembali dilakukan setelah pihak Dinas Sosial menyerahkan bantuan tahap pertama yang dilaksanakan awal Juni 2018 lalu, sebesar 80%.

Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Luwu Timur, Drs Sukarti menjelaskan, tercatat ada 22 KUBE di Luwu Timur ditahun 2018 yang mendapat bantuan ini. Setiap KUBE mendapat Rp25 Juta.

Pencairannya dilakukan dua tahap. Tahap pertama 80% senilai Rp20 Juta dan tahap kedua 20% senilai Rp5 Juta. Sedangkan total dana APBD yang disiapkan Pemkab Luwu Timur untuk bantuan KUBE tahun 2018 ini adalah Rp550 Juta.

“Sudah ada 10 KUBE yang mengusulkan pencaiaran tahap II ini. Syarat pencairannya yakni masing-masing kelompok harus memperlihatkan bukti penggunaan dana tahap pertama, seperti foto dan nota pembelian barang,” ujar Sukarti didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Muh Rachmat Ravy, S.Sos, Kamis 5 Juli 2018.

Lanjut Sukarti mengungkapkan, setelah bukti bukti tersebut diperlihatkan, selanjutnya pihak Dinas Sosial melakukan kroscek di lapangan. Jika bantuan tersebut sudah sesuai peruntukan kelompok maka pencairan tahap duapun segera diproses.

Untuk diketahui, mekanisme penyaluran bantuan ini dilakukan melalui buku rekening BRI langsung kepada penerima, atas nama ketua dan bendahara kelompok.

”Untuk itu, dengan bantuan yang bersumber dari APBD Luwu Timur ini, diharapkan bisa bermanfaat dan dapat mengurangi beban warga.

Atau dengan kata lain bisa meningkatkan taraf hidup warga serta bisa keluar dari masalah kemiskinan,” harap Sukarti.

(****)