Press "Enter" to skip to content

Bupati Luwu Timur Serahkan Bantuan 100 Unit Traktor ke Petani

LUTIMNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa hand traktor kepada 100 Kelompok Tani (Koptan) guna menunjang pencapaian target produksi disektor pertanian. Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Luwu Timur H. M. Thorig Husler di Aula Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur, Selasa (24/07/2018).

100 Koptan yang menerima bantuan tersebut berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Luwu Timur, setiap kelompok mendapat satu unit hand traktor.

Bupati Luwu Timur H. M. Thorig Husler usai penyerahan secara simbolis tersebut mengatakan penyerahan traktor tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah pembangunan dibidang pertanian, Atas tersalurnya bantuan itu diharapkan dapat memperlancar aktifitas petani dan lebih meningkatkan produksi pertanian. “Dengan bantuan hand traktor diharapkan petani semakin termotivasi untuk meningkatkan produksinya. Dengan begitu akan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani” ujar Husler.

Di samping itu, Husler berharap agar traktor yang diterima dapat dipelihara sehingga bisa bertahan lama.
“Pelihara alat ini seperti milik sendiri dan maksimalkan pemanfaatannya untuk anggota kelompok yang membutuhkannnya” sambungnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Muharif mengatakan bantuan tersebut dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2018 sebesar Rp. 2,6 Miliar lebih.” Bantuan sebanyak 100 unit ini murni anggaran dari APBD,”kata Muharif.

Dia menambahkan, dari tahun 2016 hingga 2018 Pemerintah Kabupaten Luwu Timur telah menyalurkan bantuan alsintan sebanyak 509 Unit Hand Traktor roda 2, Transplanter 94 unit, Pompa air 138 unit serta 13 unit traktor 4 roda. Selain itu ada juga beberapa alsintan juga telah disalurkan dari bantuan pemerintah pusat.

(****)