Press "Enter" to skip to content

Disdukcapil Luwu Timur Jemput Bola Langsung ke Warga

LUTIMNEWS.COM – Setelah dikunjungi Bupati Luwu Timur, HM. Thoriq Husler pada Jum’at (14/09/2018) lalu, kini keluarga Martang warga Dusun Harapan, Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona dapat bernafas lega. Pasalnya, Martang yang telah mengalami lumpuh total selama 30 tahun telah mendapatkan pelayanan langsung perekaman KTP-Elektronik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Senin (17/09/2018).

Dinas Dukcapil dan aparat Desa Maliwowo memfasilitasi untuk mendapatkan pelayanan langsung perekaman KTP-Elektronik di Kantor Desa Maliwowo dikarenakan kendala jaringan internet di rumah Martang.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur, Oksen Bija, SH. menerangkan bahwa perekaman langsung bagi warga rentan merupakan salah satu program Disdukcapil. Tertib administrasi merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga tanpa terkecuali, sehingga berbagai program telah dilaksanakan untuk memudahkan warga.

“Namun untuk melakukan perekaman langsung seharusnya aparat Desa atau aparat Kecamatan setempat yang harus proaktif mendata warga rentan di wilayahnya dan menyampaikan informasi tersebut agar dapat ditindaklanjuti,” ujar Oksen Bija.

Selain Martan, di Desa Maliwowo juga terdapat 3 warga rentan yang juga mendapatkan pelayanan langsung dari Dinas Dukcapil Kabupaten Luwu Timur. Diwilayah lain, sebanyak 5 orang di Kecamatan Tomoni Timur, dan 3 Orang di Kecamatan Mangkutana yang telah terdata untuk mendapat pelayanan langsung.