Benarkah Peralatan Masak Bisa Bikin Kadar Kolesterol Tinggi?


LUTIMNEWS.COM – Peralatan masak didapur tentunya menjadi kebutuhan pokok saaat mengolah makanan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata beberapa peralatan masak bisa menyebabkan makanan justru mengandung kolesterol tinggi?

 

Seperti di kutip LutimNews.com dari WebMD (29/06), penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 12 ribu anak di West Virginia dan Ohio menemukan bahwa kadar asam bahan kimia perfluorooctanoic (PFOA) dan perfluoroctanesulfonate (PFOS) pada peralatan masak ternyata bisa mempengaruhi makanan.

Percobaan terhadap hewan menunjukkan bahwa paparan PFOA dapat meningkatkan risiko tumor liver, testis, kelenjar payudara, dan pankreas. Sedangkan pada manusia, PFOA juga berisiko terkena kanker ginjal testis, dan kandung kemih.

Kedua bahan kimia ini juga bisa meningkatkan trigliserida dalam tubuh. “Menumpuknya trigliserida membuat seseorang berisiko terkena penyakit kolesterol, tiroid, hingga jantung,” ujar dr Citra Roseno dari KikDokter.

Kedua bahan kimia tersebut telah digunakan selama beberapa dekade dalam proses produksi alat masak. PFOA juga dikenal sebagai C8 yang digunakan dalam pembuatan peralatan masak antilengket. Sedangkan PFOS sering digunakan untuk membuat pakaian, kain, kemasan makanan, serta karpet tahan air dan antinoda.

Bukan hanya dua bahan kimia ini saja, bahan pelapis teflon polytetrafluoroethylene (PTFE) juga menjadi bahan berbahaya pada makanan. bahan ini digunakan karena tidak bereaksi dengan bahan kimia lainnya, serta tetap memiliki permukaan antigesek dan antilengket.

PFOA pada Teflon memang digunakan dalam pembuatan lapisan peralatan masak antilengket. Ketika mengalami pembakaran, zat akan hilang dan produk yang sampai ke konsumen sudah terbebas dari PFOA seperti yang dijelaskan oleh Hugh J Rushing selaku Wakil Presiden Eksekutif Cookware Manufacturing Association.

 

Belum Terbukti Sepenuhnya

Meski belum terbukti, namun pihak produsen diminta untuk tidak menggunakan bahan kimia tersebut sejak tahun 2015 sebagai langkah pencegahan tingginya risiko meningkatnya angka kolesterol tinggi.

“Sementara ini, penelitian tidak membuktikan bahwa paparan PFOA dan PFOS pada meningkatkan kolesterol. Penelitian ini memerlukan studi lanjutan,” ujar Stephanie J Frisbee selaku koordinator penelitian dari West Virginia University School of Medicine.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan memilih perlatan masak Anda dengan baik agar terhindar dari beberapa resiko di atas.(****)