Press "Enter" to skip to content

BPBD Luwu Timur Siaga Bencana

LUWUTIMUR.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur mengimbau kepada masyarakat Luwu Timur untuk tetap siaga menghadapi musim penghujan saat ini.

“Meskipun hujan yang melanda Luwu Timur tidak begitu lebat, antisipasi bencana tetap perlu diwaspadai,” kata Kepala BPBD Luwu Timur, Muh Zabur kepada LutimNews.com, Senin 2 Juli 2018. Dikatakan Zabur, di musim penghujan ini, personil BPBD tetap siaga.

“Kami siagakan seperti peralatan, pantauan setiap hari, terutama daerah yang masuk zona rawan bencana,” ujar mantan Kepala Bappeda Luwu Timur ini.

Menurutnya, musim hujan yang sudah cukup lama berlangsung ini diharapkan tidak menimbulkan bencana di Luwu Timur.

“Alhamdulillah memang hujan sering turun, namun hujan ini kan tidak lebat sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” ungkapnya kemarin.

Hanya saja, kata Zabur, hujan yang kerap turun tersebut kemungkinan berdampak bagi para petani.

“Kemungkinan, hujan ini memiliki dampak bagi para petani, seperti lada, dan yang lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, Zabur juga menjelaskan, pada musim penghujan ini tidak mengundang bencana longsor, dikarenakan potensi hujan yang rendah.

“Salah satu penyebab longsor juga, apabila sebelum memasuki musim penghujan, terjadi musim kemarau yang dimana sedikitpun tidak hujan yang turun selama satu bulan, yang menimbulkan retakan.

Jadi disaat retakan muncul, lalu diterisi dengan air hujan, itu bisa menyebabkan longsor,” tutupnya.

(****)